Hari Purnama, Pemujaan Terhadap dewa Chandra

purnama, bulan purnama

Balishanti.id - Dewa Chandra ialah dewa yang dipuja ketika Upacara Purnama dilakukan oleh masyarakat Hindu Bali. Makna dari Upacara Purnama ini sendiri yakni memohon berkah dan karunia dari Sanghyang Widhi Wasa yang telah menerangi dunia beserta isinya. Disesuaikan dengan namanya, pelaksanaannya dilakukan ketika terjadi bulan purnma yakni setiap jatuh malam bulan penuh, dan hari suci ini dilakukan setiap 15 hari sekali.
Pada Upacara Purnama ini umat Hindu di Bali melakukan sembahyang dan melakukan permohonan kepada Sang Hyang Chandra agar dapat melebur kotoran dosa/mala yang pernah dilakukan baik sengaja maupun tidak di sengaja, agar kembali bersih jiwa dan pikiran seperti sedia kala. Di saat Purnama diyakini oleh umat Hindu di Bali adalah hari baik untuk melakukan menyucikan dirinya secara lahir batin karena hari purnama ini bertepatan dengan Sang Hyang Candra beryoga/bersemedhi memohonkan pengampunan dan peleburan dosa kepada Hyang Widhi.
Salah satu aspek yang ingin dicapai dalam upacara ini ialah kebersihan lahir dan bathin. Karena kebersihan lahir dan bathin ini merupakan perwujudan keimanan, kebersihan secara lahir, dimana pada badan yang bersih tidak akan ada kotoran yang melekat, pada jiwa yang suci akan berimplikasi pada fikiran dan perbuatan yang suci pula. Kebersihan hati juga menjadi aspek yang niscaya diperlukan terutama ketika melakukan permohonan kepada Sang Pencipta.
Dari apa yang lihat, didengar dan lakukan penyucian diri atau kebersihan diri mempunyai peran penting dalam kehidupan untuk mencapai keselarasan, baik itu untuk diri sendiri, orang lain, lingkungan maupun di hadapan Tuhan. Dengan  kebersihan diri, kita akan diberikan jalan kemudahan menuju kebahagian. Jadi mari kita jaga dan pelihara terutama kebersihan hati dan pikiran, karena dengan itu semua hidup kita akan terasa lebih bermakna, baik mata di dunia maupun di hadapan Sang Pencipta.
Demikian penjelasan tentang Hari Purnama, Pemujaan Terhadap dewa Chandra semoga bisa menambah wawasan anda tentang hari Purnama. 
Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us

Posting Komentar untuk "Hari Purnama, Pemujaan Terhadap dewa Chandra"